bab 4

rumus operasi perhitungan 1.6

Rumus Penjumlahan Excel

Bagaimanakah rumus penjumlahan di excel? Berikut beberapa alternatif cara yang bisa anda lakukan untuk menjumlahkan data di excel .

Cara Penjumlahan Excel Pertama


Cara yang paling dasar untuk melakukan penjumlahan pada microsoft Excel adalah dengan menggunakan operator plus (+).

Cara penulisan rumus excelnya sama seperti saat kita menuliskan soal penjumlahan pada umumnya. Misalkan kita ingin menjumlah angka 10,20,30,40,50 maka rumus excelnya kita tulis :

=10+20+30+40+50

Jika ingin menjumlahkan angka-angka didalam sebuah cell atau range excel, misalnya masing-masing pada cell A2 hingga A6 terisi angka 10,20,30,40,50 dan kita ingin menjumlahkan cell-cell tersebut maka rumus excelnya :

=A2+A3+A4+A5+A6

Cara Penjumlahan Excel Kedua


Selain menggunakan operator plus(+), penjumlahan di excel bisa juga dilakukan dengan menggunakan fungsi SUM yang telah disediakan oleh office excel.

Rumus penjumlahan excel dengan menggunakan fungsi SUM ini lebih sering menjadi pilihan pengguna excel dari pada menggunakan operator plus (+). Cara ini lebih simple dan efisien tentunya.

Sebagai contoh untuk menjumlahkan data angka pada range A2 sampai A6 seperti pada cara pertama rumus excel yang digunakan adalah:

=SUM(A2:A6)

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.
Rumus Penjumlahan dan Pengurangan Excel

Penjelasan tentang cara menggunakan fungsi SUM yang lebih detail bisa anda pelajari pada halaman berikut : Contoh dan Cara Mengguanakan Fungsi SUM pada Excel

Cara Penjumlahan Excel Ketiga


Selain menggunakan fungsi SUM, Excel juga menyediakan beberapa fungsi excel lain untuk melakukan penjumlahan. Tentunya dengan ke-khas-an dan keperluan yang berbeda-beda untuk masing-masing fungsi.

Diantara fungsi-fungsi penjumlahan pada microsoft excel tersebut antara lain:
  1. Fungsi SUMIF : Menjumlah data berdasarkan satu kriteria atau syarat tertentu.
  2. Fungsi SUMIFS : Menjumlahkan data berdasarkan lebih dari satu kriteria atau syarat (Banyak kriteria).
  3. SUBTOTAL : Fungsi ini bisa juga digunakan untuk menjumlahkan data yang terlihat saja (Mengabaikan Baris tersembunyi).
  4. SUMPRODUCT : Digunakan untuk menjumlahkan hasil perkalian argumen-argumen yang ditentukan
  5. COUNT : Untuk mengetahui jumlah data bertipe numeric (non text)
  6. COUNTA : Untuk mengetahui jumlah sel yang tidak kosong pada sebuah range data.
  7. Dan fungsi-fungsi excel lainnya.

Cara menggunakan rumus microsoft excel adalah dengan menuliskan tanda sama dengan (=) untuk mengawali setiap penulisan rumus excel.
Untuk penduan lebih lanjut mengenai rumus penjumlahan excel ke bawah, antar kolom dan antar sheet bisa anda pelajari pada halaman tutorial berikut: Cara Menjumlah Ke Bawah, Antar Kolom Dan Antar Sheet

Rumus Pengurangan Excel


Bagaimanakah cara melakukan pengurangan di excel?

Cara menggunakan microsoft excel untuk melakukan pengurangan nilai data adalah dengan menggunakan operator minus (-).

Excel tidak menyediakan fungsi khusus seperti rumus penjumlahan dengan fungsi SUM. Kenapa demikian? saya tidak tahu. ehehehehe.

Cara menggunakan rumus penguarangan di excel cukup sederhana, seperti menuliskan soal pengurangan. Hanya saja pada awal rumus harus dikasih tanda sama dengan (=), ini sebagai tanda bahwa yang kita tuliskan adalah sebuah rumus excel/formula. Hal ini berlaku dalam penulisan rumus excel apapun.

Sebagai contoh untuk mengurangi angka 50 dengan angka 10 rumus excelnya adalah:

=50-10
 


Rumus Sum, Average, Max dan Min pada Excel 2010


Pada pertemuan sebelumnya sudah dibahas Rumus kuadrat, akar kuadrat, pangkat dan akar pangkat Excel. Selanjutnya kita belajar rumus sederhana sum, average, max dan min pada Excel 2010
Sum digunakan untuk menjumlah data-data dalam jumlah yang banyak sehingga lebih mudah dan cepat
Average digunakan untuk menghitung rata-rata dari sebuah data-data
Max digunakan untuk mengetahui nilai maximal atau tertinggi dari data-data yang ada
Min digunakan untuk mengetahui nilai minimal atau terendah dari data-data yang ada
Buatlah tabel seperti contoh dibawah ini
 
Rumusnya yaitu :
Sum : ketikan pada cell C10 =SUM(C4:C9)
Average : ketikan pada cell C11 =AVERAGE(C5:C9)
Max : ketikan pada cell C12=MAX(C5:C9)
Min : ketikan pada cell C13=MIN(C5:C9) 
Hasilnya sebagai berikut :
 


COUNTIF (Fungsi COUNTIF)

Gunakan COUNTIF, salah satu fungsi statistik, untuk menghitung jumlah sel yang memenuhi kriteria; misalnya, untuk menghitung berapa kali kota tertentu muncul dalam daftar pelanggan.
Secara sederhana, COUNTIF berbentuk sebagai berikut:
  • =COUNTIF(Tempat Anda ingin mencari?, Apa yang ingin dicari?)
Misalnya:
  • =COUNTIF(A2:A5,"London")
  • =COUNTIF(A2:A5,A4)

Sintaks


Contoh

Untuk menggunakan contoh ini di Excel, salin data dalam tabel di bawah ini, dan tempelkan ke dalam sel A1 lembar kerja baru.
Data Data
apel 32
jeruk 54
persik 75
apel 86
Rumus Deskripsi
=COUNTIF(A2:A5,"apel") Menghitung jumlah sel yang berisi apel di sel A2 hingga A5. Hasilnya adalah 2.
=COUNTIF(A2:A5,A4) Menghitung jumlah sel yang berisi persik (nilai di A4) di sel A2 hingga A5. Hasilnya adalah 1.
=COUNTIF(A2:A5,A2)+COUNTIF(A2:A5,A3) Menghitung jumlah apel (nilai di A2) dan jeruk (nilai di A3) di sel A2 hingga A5. Hasilnya adalah 3. Rumus ini menggunakan COUNTIF dua kali untuk menentukan beberapa kriteria, satu kriteria per ekspresi. Anda juga dapat menggunakan fungsi COUNTIFS.
=COUNTIF(B2:B5,">55") Menghitung jumlah sel dengan nilai yang lebih besar dari 55 di sel B2 hingga B5. Hasilnya adalah 2.
=COUNTIF(B2:B5,"<>"&B4) Menghitung jumlah sel dengan nilai yang tidak sama dengan 75 di sel B2 hingga B5. Ampersand (&) menggabungkan operator perbandingan tidak sama dengan (<>) dan nilai di B4 untuk dibaca =COUNTIF(B2:B5,"<>75"). Hasilnya adalah 3.
=COUNTIF(B2:B5,">=32")-COUNTIF(B2:B5,">85") Menghitung jumlah sel dengan nilai lebih besar dari (>) atau sama dengan (=) 32 dan kurang dari (<) atau sama dengan (=) 85 di sel B2 hingga B5. Hasilnya adalah 3.
=COUNTIF(A2:A5,"*") Menghitung jumlah sel yang berisi teks di sel A2 hingga A5. Karakter tanda bintang (*) digunakan sebagai karakter wildcard untuk mencocokkan karakter apa saja. Hasilnya adalah 4.
=COUNTIF(A2:A5,"????es")
Menghitung jumlah sel yang memiliki tepat 7 karakter berakhiran huruf "es" di sel A2 hingga A5. Tanda tanya (?) digunakan sebagai karakter wildcard untuk mencocokkan setiap karakter. Hasilnya adalah 2.

Mewarnai Otomatis Dengan Condition Formatting Pada Excel



Condition Formating pada Excel yaitu cara untuk memberikan format tertentu pada kondisi tertentu. Sebagai contoh  biasanya digunakan untuk memberikan warna secara otomatis pada data tertentu. Untuk lebih mudahnya admin berikan contoh : Jika siswa mendapat nilai kurang dari 6 pada suatu mata pelajaran  maka format akan berwana merah secara otomatis.
Langsung saja kita buat contoh data-datanya :
Condition Formatting Pada Excel
Condition Formatting Pada Excel
Kemudian block/select data seluruh nilai >> klik Conditional Formatting >>> akan muncul sprt gbr dibawah
Condition Formatting Less Than
Condition Formatting Less Than
Disini ada banyak pilihan nanti kita bahas satu persatu
Karena kita bahas kurang dari kita pilih >>> Highlight Cells Rules >>> Less Than >> akan muncul
Print screen : MS Excel
Karena nilainya yang kurang dari enam dpt nilai merah maka ketik 6
Maka akan mendapat hasil nilai yang dibawah 6 akan berwarna merah
Print screen : MS Excel


0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini